Sabtu, 06 Maret 2010

Tentara - The Hurt Locker


The Hurt Locker      The Hurt Locker      The Hurt Locker 

Kegilaan terhadap film perang bukan sekadar suka. Namun lebih dari itu !! Kepuasan ! Pemikiran, perenungan akan jalan hidup. Seeperti sebuah perang, hidup kita harus punya amunisi yang banyak, angkatan yang kuat, pemikiran yang matang dan strategi yang jitu! Jika tak punya seperti itu... matilah aku, kau dan hidup ini!Aku memang suka sekali  nonton film - film perang/action semacam : Operation Delta Force, Black Howdown, Peralharbour, Independen's Day dan sebagainya. Sekarang muncul film baru semcam itu berjudul "The Hurt Locker".

Sebuah film (lagi-lagi)  pasukan Amerika yang bermain dalam dunia bahaya peluru dan bom, yaitu Pasukan Army Explosive Ordnance  Disposal atau EOD Amerika yang terjun ke peperangan di dalam kota di negara Irak ! Dimana hampir  setiap yang ditemuinya adalah musuh dan setiap benda yang ditemui adalah bom. Bom, bom dan bom ! William James (diaminkan Jeremy Renner) dia selaku  pemimpin tim EOD, berjuang tidak saja menghadapi hujan peluru dan bom tetapi juga menghadapi tekanan kejiwaan dari orang-orang yang terlibat dalam perang tersebut.

Produser " The Hurt Locker" - Nicholas Cartier dan Kathryn Bigelow kali ini mungkin boleh berbangga. Bagaimana tidak film dengan berbadged rendah mampu bersaing dengan film Avatar yang menghabiskan ratusan juta dolar.Film ini diproduksi Summit Entertainment.Denga penulis skenario Mark Boal setidaknya film ini menjadi obat kerinduan bagi kita yang haus film-film action semacam ini. Meski alur ceritanya kemungkinan kita hampir bisa menebak, karena tak berbeda jauh dari kehidupan sesungguhnya yang pernah terjadi (penjinakkan bom, medan perang, bedil, tank, heli perang dsb.) Film ini mampu menggugah adrenalin dan memekakkan mata kita saat menonoton.
Sutradara Kathryn Bigelow tidak hanya bagus secara pengarahan pemain tetapi juga gambar akhir yang benar- benar menyerupai aslinya! Gambar ledakan-ledakan bom  terasa sekali 'hidup' sehingga membuat seolah kita ada di sana! Effect yang tak kalah penting, menggugah telinga dan mendorong otak kita untuk ingin tahu peristiwa apa lagi yang akan terjadi berikutnya. Ledakan, hujan peluru apa lagi yang akan dibuat, meski itu semua tak berbeda jauh dari film2 action - perang lainnya. 
Dengan Pemain Jeremy Renner, Ralph Fiennes, Guy Pierce, dan Anthony Mackie bukan hanya muda, kuat, gagah dan mewakili sebuah kekuatan, namun juga mampu bermain total dalam film ini.

Sangat beruntung film ini karena  ini moment yang tepat, sehingga bisa bersanding dengan Avatar dalam perebutan Academy Award 2010 yang digelar Minggu 7 Maret 2010 untuk menjadi film terbaik.
Baik Avatar maupun The Hurt Locker, keduanya adalah film , yang sama - sama memiliki pesan moral yang tinggi dan baik. Wajib ditonton dan menjadi referensi bagi dunia kita. Dunia yang bukan hanya di rumah, kantor, dapur, sumur, dan kasur!!! hahahaahahahahahaaa.....
Tentara : bukan hanya gagah,kuat,hebat,pintar,cerdik,gesit,trampil...... lebih dari itu!! Jiwa patriotisme yang besar menjadi tonggak utama.

........andai saja aku  seorang lelaki, aku pasti jadi tentara !!..........

***

Tidak ada komentar: